Ads Top

Ini Dia 5 Besar Produsen Smartphone Dunia



Persaingan di pasar ponsel cerdas kian memanas. Samsung dan Apple masih mendominasi, namun Nokia yang pernah lama berkuasa terlempar dari posisi lima besar.

Demikian tercatat penelitian oleh biro riset IDC mengenai pengapalan smartphone global pada kuartal 3 2012. Keluarnya Nokia dari posisi lima besar antara lain dikarenakan tekanan kuat dari vendor China seperti Huawei dan ZTE. 

Samsung masih menjadi pemimpin pasar smartphone global dengan market share 31,3%, naik dari 22,7% pada kuartal sebelumnya. Vendor asal Korea Selatan ini mengapalkan 56,3 juta unit smartphone. 

Kekuasaan Samsung banyak dibantu oleh larisnya handset Android seperti Galaxy S III. Mereka juga banyak merilis smartphone di berbagai rentang harga.

Berada di posisi kedua adalah Apple dengan pangsa pasar 15%. Mereka mengapalkan 26,9 juta unit ponsel cerdas di kuartal 2 2012. 

Research in Motion ternyata masih cukup bertaji. Produsen BlackBerry ini berhasil nangkring di posisi ketiga dengan pangsa pasar 4,3% dan jumlah pengapalan 7,7 juta unit.

Sementara ZTE dan HTC berada di posisi empat dan lima. Mereka masing-masing memegang pangsa pasar 4,2% dan 4%.

Secara keseluruhan, jika penjualan smartphone digabung dengan feature phone, Samsung tetap memimpin dengan penjualan 105,4 juta unit. Nokia yang masih kuat di pasar menengah ke bawah berada di posisi dua dengan pengapalan 82,9 juta unit.
Powered by Blogger.