“Michelle Obama” Kirim Scam Massal ke Seluruh Penjuru Dunia

Belum lama ini satu lagi public figure dunia menjadi korban penjahat cyber yang tidak bertanggung jawab. Tak tanggung-tanggung, ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama yang digunakan namanya untuk mengirimkan email massal ke seluruh dunia. Seperti sebuah email penipuan yang sering kita terima, dalam email yang diklaim dikirim oleh Michelle Obama tersebut mengundang para penerima email  untuk mengirimkan alamat email, nomor telepon dan sejumlah uang untuk mendapatkan dana kompensasi dengan jumlah yang sangat besar.


Berikut email scam yang dikirimkan oleh Michelle Obama palsu :
Saya Mrs. Michelle Obama dan saya akan menginformasikan kepada Anda bahwa DANA KOMPENSASI KORBAN SCAM Anda dari Gedung Putih di Washington DC berjumlah US $20.000.000. Harap diingat bahwa sayalah satu-satunya yang memiliki dana Anda mewakili suami saya Mr. Barack Obama, dan Anda harus membayar uang sebanyak $260.00 sebelum dana tersebut dikirim kepada Anda hari ini. Jadi harap beritahukan alamat rumah Anda.
Menurut laporan dari blog Kaspersky Lab SecureList, email tersebut jelas tidak dikirim oleh Michelle Obama atau orang yang berkaitan dengan pemerintah Amerika Serikat. Email itu adalah bikinan scammer dengan kemungkinan besar berasal dari Nigeria yang memilih nama selebritis untuk membuat scam mereka terlihat menarik dan terpercaya. Bagi Anda yang teliti, bisa langsung mengetahui kalau email tersebut palsu begitu melihat alamat pengirim email yang menunjukkan bahwa pesan tersebut sebenarnya datang dari  “World Wide Web Owner” dengan domain email berakhiran Rusia “.ru” dan “missnadia” dengan alamat email China “yahoo.cn”.
Meskipun sudah banyak yang mengetahui banyak penipuan dikirimkan melalui email, para scammer juga semakin pintar dan bisa membuat email yang terlihat sangat bisa dipercaya. Jadi Anda yang suatu saat menerima email tidak jelas yang memberikan iming-iming hadiah namun dengan syarat Anda harus menyerahkan nama lengkap, nomor telepon dan data diri yang lain harus langsung waspada karena besar kemungkinan itu adalah email penipuan.
Powered by Blogger.
loading...