PlayStation 3 Dibajak

Sejak kehadiran Playstation 2, pihak Sony sudah mulai meyematkan proteksi dalam konsol besutan mereka tersebut. Proteksi itu bertujuan agar pengguna hanya dapat memainkan kepingan disk original pada konsolnya.

Namun sepertinya proteksi yang disematkan pada konsol Playstation 2 tidak bertahan lama, karena tidak lama kemudian banyak hacker yang telah berhasil mengakali konsol tersebut agar kepingan disk game bajakan dapat dimainkan.

Sama halnya seperti konsol Playstation 2, Sony Playstation 3 juga tidak luput dari campur tangan hacker yang ingin membobol proteksi yang ada pada konsol generasi ketiga Sony tersebut.

Saat Desember 2010, sistem proteksi enkripisi pada Playstation 3 telah berhasil ditembus, yang memungkinkan copy game dapat dimainkan. Namun pada Maret 2011, pihak Sony berusaha menjegalnya dengan mengeluarkan firmware versi 3.60.

Namun rumor yang beredar saat ini mengatakan bahwa para hacker sudah menemukan 'jalan' untuk mengakali sistem proteksi Playstation 3 untuk selamanya, dan rumor tersebut kembali mengatakan bahwa pihak Sony tidak akan dapat mencegahnya meski dengan mengeluarkan firmware versi berapapun.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena sebuah kelompok hacker yang menamakan dirinya 'The Three Musketeers' dikabarkan telah berhasil membobol enkripsi LV0 pada konsol tersebut.

Enkripsi LV0 merupakan loader yang memverifikasi urutan boot pada konsol tersebut. Dengan kata lain, LV0 adalah loader paling dasar pada konsol Playstation 3 yang memungkinkan hacker untuk memodifikasi firmware apapun yang dikeluarkan oleh Sony nantinya.

Ke depannya hal tersebut memungkinkan hadirnya sebuah firmware kustom untuk konsol Playstation 3, bahkan memungkinkan Playstation 3 memiliki kemampuan dual boot bersama dengan OS lainnya seperti Linux.
Powered by Blogger.