Review LG Optimus Vu

Phablet atau phoblet merupakan istilah yang mengacu pada ponsel dengan layar yang ukurannya tidak jauh dari tablet. Sebagai pelopor jenis produk ini, Samsung Galaxy Note terbukti menuai keberhasilan dengan konsep layar besar dan S-Pen yang diusungnya. Mencoba konsep yang sama, LG kini menghadirkan smartphone hybrida pertamanya untuk para penggila gadget tanah air dengan produk LG Optimus Vu .

Konsep dan desain
Ukuran 5-inci bagi beberapa orang cukup ideal sebagai sebuah smartphone. Tapi LG Optimus Vu: mengambil arah konsep dan desain yang berbeda dari produk rekan senegaranya Samsung Galaxy Note.


LG Optimus Vu: hadir mengusung layar berukuran 5-inci dengan aspek ratio 4:3. Ini menjadikan dimensi dan layar yang dimilikinya lebih lebar dibandingkan Samsung Galaxy Note yang hadir dengan layar beraspek ratio 16:9. Dengan ukurannya yang tidak biasa tersebut, kesan aneh memang cukup terlihat saat menempel di telinga untuk menjawab telepon.

Aura premium sangat terlihat dari kemasannya. Hadir dengan desain unibodi seperti iPhone, layarnya yang besar dikeliling oleh bezel alumunium silver dan bagian belakang case bertekstur yang membuatnya tidak licin ditangan. Jika tidak suka warna hitam, LG juga menyediakan versi warna putihnya yang tetap tampil cantik.


Untuk mengoperasikan LG Optimus Vu: paling nyaman dengan dua tangan. Ketika menggunakannya dengan satu tangan, memang LG Optimus Vu: masih termasuk nyaman digunakan bagi yang memiliki telapak tangan besar. Namun bagi yang memiliki telapak tangan berukuran kecil, ukurannya ini ternyata cukup bermasalah. Karena dianggap terlalu besar dan kurang nyaman di genggaman.


Penempatan tombol fisik pada LG Optimus Vu: tergolong pas dan mudah diraih. Begitu juga dengan penataan port koneksinya. Bagian atasnya terdapat port audio jack 3.5mm, tombol pintas QuickMemo, tombol power, dan port micro USB yang dilindungi penutup. Bagian belakang tersedia sebuah kamera 8 megapixel, samping kiri terdapat slot microSIM yang harus dibuka penutupnya dengan jarum (sama seperti iPhone) dan bagian kanan hanya terdapat tombol pengaturan volume suara. Dan untuk navigasinya, hadir tombol soft touch di bagian bawah panel layarnya yang tersusun rapih terdiri dari tombol back, home, multitasking dan setting. Tidak ada slot kartu memori tambahan dan Anda hanya mendapatkan memori internal 32GB untuk menyimpan semua data.

Layar
Seakan tidak mau kalah dengan lini monitor dan LCD TV miliknya, LG Optimus Vu: dihadirkan dengan teknologi panel yang dipopulerkan LG yaitu IPS Panel. Layar sentuh ukuran 5-inci tersebut hadir dengan resolusi HD 768×1024 pixel dengan tingkat kerapatan pixel yang cukup tinggi yaitu 256 ppi (pixel per inci).
Tampilan layarnya ini sangat baik. Pada pengaturan tingkat gelap terang 100%, layarnya dapat menyajikan warna yang tepat dan terlihat natural. Tingkat kontras dan ketajamannya juga sangat baik. Untuk membandingkan kehandalan layarnya, berikut perbedaan layar LG Optimus Vu: dan Samsung Galaxy Note pada tingkat gelap terang yang sama yaitu 100%.


Performa
LG Optimus Vu: hadir dengan chipset NVIDIA Tegra 3 yang menggunakan chip prosesor Quad Core berkecepatan 1,5 GHz dan performa grafis dari ULP GeForce. Sistem operasi yang diguankan yaitu sistem operasi Android Ice Cream Sandwich 4.0.4 dan belum ada kabar apakah akan mendapatkan update Jelly Bean atau tidak. Kehebatan performanya dapat Anda lihat dari hasil tes Benchmark dengan Antutu berikut ini.



Untuk test benchamark Antutu, LG Optimus Vu: berhasil meraih total angka 12215. Menempatkannya di urutan ketiga setelah HTC One X dan Samsung Galaxy Note 2 di peringkat 1.

Bertengger di posisi 3 besar, LG Optimus Vu: memang sangat responsif. Perpindahan halaman pada tampilan menu dan beranda terasa sangat cepat, nyaris tidak ada lag. Membuka aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan juga tidak menurunkan kinerjanya secara signifikan. Hanya saja sama seperti smartphone berprosesor dual-core atau quad-core yang lain, ketika beban mulai bertambah bagian belakang baterainya akan mulai terasa hangat.


Untuk urusan gaming Anda juga tidak perlu khawatir. Game-game 3D dengan kinerja grafis berat seperti Need For Speed: Most Wanted dapat dimainkan dengan lancar tanpa masalah. Uniknya, mengingat ukuran layarnya yang tidak biasa ini, setiap Anda bermain game atau membuka aplikasi Anda dapat bebas memilih aspek rasio yang diinginkan. Jika tidak biasa dengan 4:3 (Full Screen), Anda dapat memilih menggunakan aspek rasio 16:9 namun dengan resiko ada black bar di bagian atas dan bawah layar.

Multimedia
Dengan prosesornya yang handal kebutuhan multimedia pada LG Optimus Vu: sangat baik. Gemar menonton film? Anda dapat memutar koleksi film kesayangan pada format Full HD 1080p tanpa masalah. Mendengarkan musik juga bisa dijadikan pilihan. Kemampuan multimedianya ini juga didukung dengan fitur Dolby Mobile yang dapat dipilih sebagai opsi untuk mendongkrak performa suara ketika menonton film atau sedang mendengarkan musik dengan pemutar musik yang dimilikinya.


Selain hadir dengan fitur Dolby Mobile, pada pemutar musiknya juga masih didukung dengan preset Equalizer yang cukup lengkap dan tersedia opsi kustom untuk kustomisasi suara sesuai selera Anda. Sementara pada bagian videonya, hadir fitur Touch Preview Frame yang berguna untuk melihat adegan pada frame selanjutnya tanpa mengganggu film yang sedang Anda putar.



Kamera
LG Optimus hadir dengan dua kamera. Kamera depan 1.3 megapixel yang cukup mumpuni untuk video chat via Skype dan kamera belakang 8 megapixel yang dilengkapi dengan LED Flash.

Hasil foto kameranya sendiri cukup baik dan tajam. Memotret di dalam ruangan pun noise yang terlihat juga cukup minim. Pengaturan pengambilan foto juga sangat lengkap meliputi pengaturan scene mode, white balance, ISO, geotagging, colour effect dll. Untuk Mode pengambilan gambar, Anda dapat memilih Normal, HDR, Panorama atau Continuos shoot. Ingin mengambil foto tapi tidak ingin merepotkan orang lain? Anda dapat memanfaatkan fitur timer atau Cheese Shutter milikinya yang hanya dengan Anda berkata “Cheeeeeseeee” shutter kameranya akan tertekan secara otomatis. Berikut hasil foto LG Optimus Vu:


Virtual Keyboard
Bicara smartphone layar sentuh tidak lengkap rasanya jika tidak membahas bagian virtual keyboard. Media paling penting untuk Anda input teks ini hadir dengan model berbeda untuk setiap smartphone. Dan virtual keyboard untuk LG Optimus Vu: ini termasuk salah satu virtual keyboard yang sangat nyaman sekali digunakan untuk mengetik dengan dua jari jempol.



Faktor layarnya yang lebih lebar membuat tampilan keyboardnya hadir dengan ukuran tombol yang lebih besar. Mengetik pada keyboardnya nyaris tidak pernah terjadi typo (salah ketik) karena jarak antar tombol keyboard cukup berjauhan. Nah satu keunggulan lain dari LG Optimus Vu: dibandingkan smartphone lain, keyboardnya ini hadir dengan fitur one hand mode. Anda cukup melakukan swipe pada keyboardnya ke kiri atau ke kanan dan ukuran keyboardnya akan menyusut agar dapat digunakan dengan satu tangan.

Baterai
LG Optimus Vu: hadir dengan baterai Li-ion berkapasitas 2100 mAh. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saya dengan menyalakan paket data, push mail, chatting via Whats app, dan melakukan browsing, baterainya dapat bertahan hingga sekitar satu hari dengan pengaturan tingkat gelap terang sekitar 30%.

Fitur dan aplikasi

1. Stylus Pen


Sama seperti Samsung Galaxy Note, LG Optimus Vu: juga dilengkapi dengan pen stylus. Yang membuatnya berbeda, S-Pen pada Samsung Galaxy Note dapat disisipkan pada bagian bawah bodinya. Sementara pen stylus LG Optimus Vu: terpisah dan tidak ada ruang untuk menyisipkannya ke bagian bodi. Jadi Anda harus berhati-hati untuk menyimpan stylus pen yang melengkapinya ini.

Performa pen stylus milik LG Optimus Vu: pun tergolong standard. Tidak seistimewa milik Samsung Galaxy Note. Pen stylus milik LG Optimus Vu: ini nyaris sama persis dengan pen stylus kebanyakan yang hadir untuk iPad. Ketika digunakan untuk menulis, tingkat akurasinya cukup baik hanya terasa kurang presisi mengingat bagian ujung pena yang berbentuk bulat dan tidak berbentuk layaknya sebuah pena pada S-Pen milik Samsung Galaxy Note. Walau begitu LG menawarkan satu fitur yang cukup efektif yaitu lock button. Nah dengan mengaktifkan lock button ini, ketika Anda menulis dengan Stylus Pen tombol touch panel di bagian layar akan dinonaktifkan dan tidak berfungsi.

2. LG Quick Memo
Membawa LG Optimus Vu: sudah seperti membawa sebuah agenda kerja. Pasalnya dengan fitur LG Quick Memo ini Anda dapat membuat coret-coretan kecil langsung pada layarnya tanpa perlu memilih aplikasi, tapi hanya cukup dengan menekan tombol pintas di bagian atas. Dan hasilnya dapat langsung disimpan menjadi gambar .jpg atau dapat diekspor ke aplikasi notebook miliknya. Dengan fitur Quick memo ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan screen capture dengan lebih mudah.

3. Notebook dan Video Wiz

Jika Anda seorang yang teratur dan rapih, Fitur LG Notebook ini akan sangat membantu sekali pekerjaan Anda. Dengan fitur ini Anda dapat membuat catatan dan disimpan sesuai per album. Atau dapat juga dimanfaatkan untuk membuat album koleksi foto. Tersedia beragam variasi jenis kertas dan warna serta jenis cover album yang bervariasi.

Pada aplikasi notebook ini, Anda dapat menyisipkan tanggal, foto, video, rekaman suara, dan membuat catatan tertulis dalam satu halaman. Selain itu Anda juga dapat menghias halaman atau foto tersebut dengan beragam variasi Sticker yang lucu. Dan setelah selesai Anda dapat mengekspornya menjadi format .Pdf atau .jpg yang dapat langsung dibagikan melaui email atau jejaring sosial. Sedangkan aplikasi Video Wiz, Anda dapat mengedit video yang Anda rekam. Sama dengan aplikasi notebook pada Video Wiz juga terdapat opsi sticker, style dan opsi menambahkan musik atau menyisipkan gambar untuk tampilan video yang lebih menarik.

4. Polaris Office
Hampir seluruh tablet PC berbasis Android pasti hadir dengan aplikasi yang satu ini. LG Optimus Vu: juga memilikinya. Dengan aplikasi ini Anda dapat menggunakan LG Optimus Vu: sebagai media untuk mendukung pekerjaan Anda saat sedang tidak berdekatan dengan laptop. Sekedar melakukan penyuntingan file berformat microsoft word atau excel, LG Optimus Vu: sangat dapat diandalkan di layarnya yang besar dan lebar.

5. NFC
Fitur NFC (Near Field Communication) saat ini dapat ditemukan di smartphone keluaran terbaru. Begitu juga dengan LG Optimus Vu: Anda akan menemukan fitur NFC yang disertai dengan label LG Tag+ dalam paket penjualannya untuk mendukung fitur NFC ini. Label LG Tag+ yang telah diprogram hadir dalam dua mode pengaturan car dan office. Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Anda cukup mengaktifkan NFC pada LG Optimus Vu: dan jika ingin digunakan cukup ditempelkan pada label Tag+ tersebut. Dengan segera pengaturan smartphone LG Optimus Vu: secara otomatis akan berubah sesuai dengan pengaturan yang telah di program label Tag+ tersebut.

Kesimpulan
Walau stylus pen yang menjadi pelengkapnya kurang nyaman dan harus berhati-hati dalam menyimpannya, namun dengan desain tidak pasaran yang diusungnya LG Optimus Vu: menawarkan segala kelebihan yang tidak dimiliki para pesaingnya. Layar besar dengan tingkat warna yang sangat baik, keyboard virtual yang sangat nyaman, kinerja yang sangat gegas dan handal, serta aplikasi yang menyertainya sangat efektif untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dengan banderol harga Rp5.499.000, LG Optimus Vu: layak dilirik bagi Anda yang mendambakan smartphone ekstra kencang dengan layar yang lega.

Yang Canggih:
Layar IPS tajam dengan kontras warna sangat baik. Harga relatif terjangkau untuk smartphone quad-core. Aplikasi bawaan amat berguna. Kamera oke.

Yang Kurang:
Stylus Pen kurang nyaman dan perlu berhati-hati dalam menyimpannya. Bodi lebar yang agak sulit dipegang bagi yang tangannya kecil.

Via





Powered by Blogger.