Review Samsung Galaxy Note II N7100


Setahun setelah kemunculan Galaxy Note, Samsung mengeluarkan Galaxy Note II. Pada awalnya, konsumen agak bingung melihat konsep Galaxy Note yang mengusung layar ekstra besar untuk ukuran sebuah smartphone. Namun ternyata Galaxy Note laris manis di pasaran, bahkan sampai mendorong produsen lain untuk mengeluarkan smartphone dengan konsep serupa.


Konsep dan desain
Bagi yang sudah pernah melihat dan memegang Samsung Galaxy S3, akan terasa tidak asing saat memegang Galaxy Note II. Konsep desain, yang menurut Samsung, didesain untuk manusia seperti di S3 dilanjutkan di Note II.

Lengkungan di bagian belakang dan samping bodi memastikan Note II tidak tergelincir saat di genggaman tangan meskipun finishing glossy yang dimilikinya cukup licin. Berbeda dengan kebanyakan smartphone, bahkan smartphone Samsung sendiri, tombol volume Note II ada di sisi kiri sementara tombol power di sisi kanan.

Mengingat layar 5,5 incinya yang cukup lebar, menggenggam Note II satu tangan dengan nyaman bisa jadi cukup sulit. Namun, Note II lebih mudah digenggam ketimbang Note pertama yang lebih lebar. Samsung juga telah menyertakan menu khusus untuk memudahkan penggunaan satu tangan. Anda bisa mengatur penggunaan keypad, kalkulator dan keyboard di sisi yang diinginkan.

Fitur
Deretan fitur khas Samsung yang sudah ada di Samsung Galaxy S3 bisa ditemukan di sini. Contohnya seperti S Beam, S Voice, Smart Stay, Pop Up Play, Direct Call, Smart Alert. Beberapa fitur tersebut di atas mengalami penyempurnaan. Misalnya Pop Up Play kini bisa diatur ukurannya dan S Beam dapat mentransfer dokumen S Note antar Note II. Untuk penjelasan lebih rinci, bisa disimak di review Galaxy S3.



Ada beberapa fitur tambahan baru yang dimiliki Note II. Yang paling menarik adalah Multi Window yang dapat menampilkan dua aplikasi sekaligus secara bersamaan (atas bawah). Tentunya tidak semua aplikasi dapat digunakan di Multi Window, namun pilihannya cukup banyak mulai dari ChatOn, Gallery, Mail, S-Note, Internet dan sebagainya. Fitur ini cukup berguna jika Anda ingin melakukan Easy Clip yang dapat “memotong” bagian tertentu dari laman web untuk digunakan di S-Note. Untuk melindungi privasi, terdapat fitur Do Not Disturb. Sebenarnya fitur ini hanyalah pengaturan notifikasi serta pemblokiran kontak yang tidak diinginkan.

Satu fitur keren adalah Smart Rotation. Biasanya layar ponsel akan berputar saat kita sedang berbaring menyamping. Nah, dengan bantuan kamera depan, Smart Rotation akan menentukan lokasi wajah Anda sehingga tidak memutar layar ke mode landscape jika Anda ingin menggunakannya dalam mode portrait atau vertikal.

Samsung juga menyempurnakan S Pen yang kini lebih besar dan lebih nyaman digunakan. Note II dapat mendeteksi saat S Pen melayang di atas layarnya. Bahkan ada satu fitur yang dimungkinkan oleh hal itu yaitu Air View. Dengan Air View, Anda tidak perlu menyentuhkan S Pen ke ikon mailbox misalnya, dan Note II akan menampilkan beberapa baris pertama email tersebut.

Performa
Jika sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa Samsung Galaxy S3 sangat responsif dan kencang, ternyata Galaxy Note II lebih kencang dibandingkan S3. Chipset Exynos 4412 quadcore dengan prosesor Cortex A9 1,6GHz serta GPU Mali 400MP terbukti tangguh melahap semua tugas yang dibeban kepadanya. Gemar bermain game 3D yang cukup berat? Note II jelas dapat diandalkan untuk tugas itu. Bahkan memutar video Full HD juga dapat dilakukannya dengan mudah. Saya menguji kemampuan multimedianya dengan satu tambahan tugas, yaitu melakukan streaming video Full HD ke TV Samsung menggunakan koneksi Wi-Fi Direct. Hasilnya cukup mengagumkan. Video sukses tertampil hanya dalam hitungan detik dengan mulus.


Kamera utama 8 megapixel masih menjadi andalan Note II, dengan tambahan kamera depan 1,9 megapixel yang dapat merekam video HD 720p. Kualitas kamera utamanya ternyata dapat diandalkan untuk berbagai suasana, dengan hasil foto yang amat baik. Sebagian pengguna mungkin akan mengeluhkan absennya tombol jepret (shutter), namun Samsung menggantikannya dengan fitur yang lebih canggih. Anda dapat merekam foto hanya dengan menyerukan kata “Cheese”, “Shoot, “Capture” atau “Smile”. Ini memudahkan saat kita ingin mengambil foto dengan satu tangan atau ingin mengambil foto diri dengan kamera belakang.

Ada beberapa fitur fotografi menarik yang dimilikinya. Salah satunya adalah best faces. Dengan fitur ini, kamera Note II akan mengambil beberapa foto sekaligus. Kemudian Anda dapat memilih wajah terbaik dari seseorang. Misalnya si A lebih oke di gambar 1, tapi si B lebih bagus di gambar 2. Dengan best faces, Anda bisa menggabungkan pose terbaik A dan B di dalam satu foto. Kemudian ada Best Photo. Di fitur ini, Note II langsung merekam beberapa gambar sekaligus dan memberi rekomendasi foto terbaik. Ini berguna untuk merekam momen dan obyek bergerak.

Berikut galeri hasil foto dari kamera Galaxy Note II N7100 tanpa proses penyuntingan. Koleksi lengkapnya juga bisa diakses di sini.


Kesimpulan
Samsung Galaxy Note II adalah sebuah smartphone yang diciptakan untuk menjadi yang terbaik. Desain berkualitas tinggi, layar yang tajam serta performa yang terbaik dari sebuah smartphone Android dapat ditemukan di Galaxy Note II. Ditambah dengan hasil foto yang prima dan fitur yang jumlahnya lumayan banyak, Samsung Galaxy Note II memang menjadi penawaran yang menarik.
Tentunya semua kehebatan ini memiliki harganya sendiri. Galaxy Note II dipasarkan seharga 7,5 juta rupiah. Ini bukan jumlah yang sedikit, tapi saat ini belum ada ponsel dengan konsep layar berukuran lebar secanggih Galaxy Note II. Bagi para pecinta teknologi yang mendambakan sebuah smartphone Android yang super canggih dan super cepat, Galaxy Note II akan dapat memuaskan keinginan Anda.

Kelebihan:
  • Kinerja amat baik, memberikan pengalaman menyenangkan bagi penggunanya
  • Deretan fitur inovatif yang berguna, seperti Smart Stay, Smart Rotation, Easy Clip dan sebagainya
  • Hasil foto kamera amat baik dan ditunjang fitur canggih yang tidak ditemukan di kamera digital biasa
  • Kualitas layar amat baik untuk semua keperluan
  • Desain yang lebih sempit ternyata memudahkan saat dipegang, jika dibandingkan Galaxy Note orisinil.
  • Daya tahan baterai terbaik di kelasnya, mampu bertahan seharian lebih setelah penggunaan cukup intensif.
Kekurangan:
  • Harga cukup premium, tertinggi untuk sebuah smartphone Android
  • Desain relatif standar
  • Pengoperasian dengan satu tangan masih kurang nyaman
Via
Powered by Blogger.