6 Fitur Jagoan Samsung Galaxy S4

technology-portfolio.net, 6 Fitur Jagoan Samsung Galaxy S4 - Samsung Galaxy S4 dipastikan segera masuk pasar Tanah Air dan saat ini memasuki masa pre order. Handset Android yang dibanderol Rp 7,5 juta itu dibekali beragam fitur unggulan untuk menggoda calon konsumen.

Memang selain spesifikasi kelas atas, Samsung coba membenamkan fitur yang unik di Galaxy S4. Beberapa mungkin berguna, namun beberapa yang lain bisa jadi tidak banyak dipakai dalam operasional sehari-hari.

6 Fitur Jagoan Samsung Galaxy S4
Samsung Galaxy S4

Samsung pun telah memperkenalkan Galaxy S4 pada beberapa awak media Indonesia baru-baru ini. Apa saja 6  Fitur Jagoan Samsung Galaxy S4?

1. Air View & Air Gesture
Air View dan Air Gesture barangkali akan membuat kagum teman jika dipamerkan. Sebab, kedua fitur ini membuat Galaxy S4 bisa dioperasikan tanpa menyentuhkan tangan di layar handset.

Air Gesture memungkinkan user mengubah track musik, menaikkan atau menurunkan halaman web, atau memindahkan foto di gallery cukup dengan lambaian tangan.

Ketika dicoba untuk memindahkan deretan foto dengan lambaian tangan, fitur Air Gesture bekerja dengan baik. Dengan catatan lambaian tangan harus berada di atas sensor yang berada di bagian atas handset.

Malah terkadang sensor Air Gesture bekerja terlalu sensitif. Adapun fitur Air View memungkinkan user melihat preview konten email S Planer, foto atau video cukup dengan menunjukkan jari tangan ke konten dimaksud tanpa menyentuhnya.

Preview video tanpa menyentuhnya, fitur itu bekerja lumayan baik. Namun dengan catatan, jari harus berada cukup dekat dengan layar, sekitar satu atau dua cm.



2. Smart Pause & Smart Scroll
Smart Pause memungkinkan video berhenti otomatis jika mata pengguna tidak menatap pada layar. Kemudian berlanjut kembali jika handset mendeteksi mata pengguna sudah kembali melihat layar.

Ketika dijajal, fitur ini belum bekerja dengan maksimal. Mungkin karena Galaxy S4 yang diperkenalkan dalam preview media ini bukan versi yang akan masuk ke pasaran, melainkan prototipenya.

Adapun Smart Scroll memungkinkan halaman web atau email naik turun dengan tanpa harus menyentuh layar, dengan metode pengenalan wajah.

Jadi, handset mengenali pergerakan wajah saat menatap layar. Kemudian user cukup menggerakkan handset untuk menaikkan atau menurunkan halaman.

Kemungkinan fitur ini cukup berguna jika pada saat tertentu user tidak bisa leluasa menggengam handsetnya, misalnya di angkutan umum.



3. Group Play
Group Play adalah salah satu fitur yang lumayan menarik di Galaxy S4. Ini adalah fitur di mana user dapat bersama-sama memutar musik atau berbagi dokumen dalam jarak dekat.

Misalnya, mendengarkan musik melalui speaker handset biasanya kurang nendang. Namun dengan Group Play, user bisa menggabungkan handsetnya dengan perangkat Galaxy S4 yang lain, kemudian bersama-sama memutar musik yang sama melalui speakernya.

Sehingga suara yang keluar terdengar lebih membahana. Sebab, speaker dari masing-masing handset dapat disatukan untuk mengeluarkan suara musik yang sama.

Caranya pun cukup mudah. Tinggal mengklik ikon Group Play. Seseorang yang menjadi group leader memilih create Group yang secara otomatis menyalakan poin akses Wi Fi.

Kemudian perangkat S4 yang lain akan mengenali poin akses tersebut dan kemudian bergabung.



4. S Translator
S Translator kemungkinan sangat beremanfaat bagi mereka yang suka bepergian ke berbagai negara. Fitur ini bisa menerjemahkan bahasa, baik dari perkataan ke perkataan, perkataan ke teks atau dari teks ke perkataan.

Sebagai contoh, seorang turis asal Inggris pergi ke China. Ia ingin menanyakan arah jalan pada warga setempat yang tidak memahami bahasa Inggris. Sedangkan sang turis juga tidak bisa berbahasa China.

Maka, ia cukup menekan ikon S Translator kemudian berbicara dalam bahasa Inggris. Dan Galaxy S4 akan langsung menerjemahkannya ke bahasa China melalui speakernya.

Sayangnya, S Translator belum memahami bahasa Indonesia. Saat ini, S Translator baru mengerti 9 bahasa termasuk Perancis, Jerman, Italia, China, Jepang dan tentu saja bahasa Inggris.



5. Fitur Kamera
Kamera beresolusi 13 megapixel menjadi andalan Galaxy S4. Dan Samsung membenamkan berbagai fitur andalan di penjepret foto dan video ini.

Dual camera membuat kamera depan dan belakang Galaxy S4 dapat merekam secara simultan. Uniknya, frame kamera depan yang merekam wajah dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan.

Tampaknya fitur ini kurang begitu berguna. Namun mungkin dapat membuat momen berharga lebih berkesan. Misalnya, ekpresi wajah ibu dapat direkam kala melihat pertumbuhan bayinya.

Kemudian ada fitur dual video call. Memungkinkan wajah kedua pihak yang melakukan video call tampil pada layar. Jadi, user dapat melihat seperti apa wajahnya sendiri saat melangsungkan panggilan video.

Ada pula fitur berjuluk Sound and Shoot. Saat merekam foto, user juga bisa merekam suara yang muncul. Jadi tidak semata gambar saja, namun juga disertai suara untuk merekam momen berharga.



6. Watch On & Optical Reader
Galaxy S4 memang dibekali banyak sekali fitur. Selain fitur-fitur unggulan yang sudah dijelaskan di atas, masih ada lagi yang ditawarkannya.

Seperti misalnya Samsung Watch On, yaitu semacam remote kontrol infra red untuk mengendalikan televisi, set top box, bahkan air conditioner atau AC.

Sedangkan Samsung Optical Reader secara otomatis bisa mengenali teks, kartu bisnis atau QR Code secara instan.

Apakah dengan banyaknya fitur ini mampu membuat Galaxy S4 berkibar di pasaran seperti para pendahulunya? Kita tunggu saja.
Powered by Blogger.