Ads Top

Game Baru : Board Game Facebook ala Monopoli

- ADVERTISEMENT -
technology-portfolio.net,Game Baru : Board Game Facebook ala Monopoli - Jejaring sosial membuat orang menjadi ‘anti-sosial’ karena mereka merasa tak perlu bertemu dengan teman atau relasinya secara langsung. Cukup melalui jejaring sosial saja, dari ngobrol, meeting hingga kencan pun bisa dilakukan.

Kondisi tersebut nampaknya menjadi keprihatinan seorang desainer grafis asal London bernama Pat C. Klein. Dan Klein pun akhirnya menggagas sebuah game yang bertema Facebook namun bisa dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya. Menurut Klein, dia menciptakan permainan ini sebagai usaha untuk menjauhkan orang dari komputer dan internet, dan membawa mereka ke ruang tamu atau ruang keluarga dan bisa menghabiskan waktu secara ‘sosial’ yang sebenarnya dengan teman-teman atau anggota keluarga. “Ide game facebook ini bukan membuat Anda semakin terlibat dengan Facebook di komputer atau ponsel, namun mendorong Anda untuk bisa mengatur pertemuan dengan teman-teman, mengajak ngobrol langsung, makan-makan dan minum, semuanya dilakukan dengan sebenarnya dan bukan secara online,” jelas Klein.



Game ini sendiri pada dasarnya mirip dengan game monopoli yang sudah kita kenal selama ini. Tampilannya pun mirip, dengan kotak-kotak berisi perintah-perintah dan kartu-kartu pendukungnya. Hanya saja istilah-istilah di dalamnya diganti dengan istilah dan kegiatan yang biasa dilakukan saat mengakses Facebook. Dan game ini juga memiliki peraturan yang agak berbeda dan unik, misalnya jika ada pemain yang mendapat kotak berisi ‘Unattended PC’ atau ‘PC tanpa pengawasan’, maka pemain tersebut harus mengungkapkan salah satu hal yang memalukan tentang pemain di depannya sebelum meninggalkan ruang tersebut. Dan jika ada pemain yang berpacaran dengan pemain lain dan mereka mendapat kotak bertulis ‘Break Up’ alias ‘Putus’ maka mereka pun harus putus selama permainan berlangsung.


Seperti di situs Facebook, game ini dilengkapi dengan istilah-istilah yang familiar seperti ‘Like’, ‘status’, ‘tag’, ‘refresh page’ hingga ‘forgot log-in’. Dan masih banyak lagi hal-hal menarik yang bisa dilakukan saat bermain game ini. Untuk saat ini game Facebook baru hadir dalam bentuk beta. Namun tak lama lagi diharapkan game ini sudah bisa ditemui di pasaran
Powered by Blogger.