Android Makin Meraja di Smartphone


technology-portfolio.net,Android Makin Meraja di Smartphone - Sebanyak delapan dari sepuluh smartphone yang beredar di dunia saat ini menggunakan sistem operasi Android. Itulah data yang diungkap oleh firma riset Strategy Analytics dalam laporan terbarunya untuk kuartal kedua tahun ini.

OS mobile besutan Google itu kini menguasai 79,5 persen pangsa pasar dalam kuartal kedua 2013 yang berlangsung dari April hingga Juni. Angka tersebut naik dari 69,5 persen pada kuartal yang sama tahun lalu.

Direktur eksekutif Neil Mawston mengatakan ada sejumlah hal yang menjadi kunci di balik makin merajanya Android. "Biaya lisensi yang kompetitif, banyaknya rekanan hardware, dan toko aplikasi yang besar terus menjadi dorongan-dorongan utama bagi suksesnya Android," papar Mawston, seperti dikutip dari The Inquirer.

"Pertumbuhan Android didukung oleh angka permintaan yang tinggi atas model-model smartphone dari segala kategori harga di pasar-pasar negara maju dan berkembang, termasuk Amerika Serikat, China, dan Brazil," lanjut Mawston, sebagaimana dikutip oleh IBTimes.

Karena dominasi Android tersebut, pangsa pasar smartphone global Apple menciut menjadi 13,6 persem, dari 16,6 persen di kuartal kedua 2012.

Windows Phone naik

Di luar Android dan Apple (iOS), pangsa pasar sistem operasi Windows Phone bikinan Microsoft juga mengalami kenaikan kecil menjadi 3,9 persen, dari 3,6 persen pada kuartal yang sama tahun sebelumnya. Ini merupakan angka tertinggi yang dicapai Windows Phone sepanjang sejarahnya.


Pasaran sistem operasi smartphone dunia pada kuartal kedua 2013, menurut data Strategy Analytics

Analis Strategy Analytics Linda Sui mengatakan bahwa Microsoft perlahan-lahan terus maju di pasar smartphone berkat dukungan kuat dari Nokia. Tapi platform Windows Phone 8 andalan perusahaan ini dikatakannya mesti berbenah di dua area agar bisa benar-benar melesat.

"Pertama, biaya lisensi Windows Phone 8 haruslah kompetitif dengan Android di segmen harga bawah. Kedua, Microsoft harus mempercepat dukungannya atas hardware canggih seperti prosesor 8-core karena Windows Phone 8 terus tertinggal di belakang Android di segmen smartphone Premium," terang Sui.

Via : tekno.kompas.com
Powered by Blogger.