Twitter Bakal Bisa Diakses Tanpa Jaringan Internet

Twitter

Technology-portfolio.net,Twitter Bakal Bisa Diakses Tanpa Jaringan Internet - Bagi yang tinggal di kota kecil dengan koneksi internet minim, Anda tak akan kesulitan lagi mengakses Twitter. Layanan berlogo burung biru ini bakal bisa diakses tanpa harus terkoneksi internet.

Untuk mewujudkan itu, Twitter bekerja sama dengan sebuah startup yang berbasis di Singapura --U2opia Mobile-- agar layanan pesan 140 karakter itu bisa diakses lewat ponsel tanpa layanan data. Layanan ini dibuat untuk pengguna ponsel entry-level di negara berkembang yang selama ini kesulitan mendapatkan akses Internet.

Chief Executive dan Co-founder U2opia Mobile, Sumesh Menon mengatakan layanan ini rencananya akan diluncurkan pada kuartal pertama 2014.

"Pengguna hanya perlu memasukkan kode sederhana untuk mendapatkan feed dari topik tren yang sedang populer di Twitter, katanya kepada Reuters yang dikutip dari liputan6.com, Jumat (12/6/2013).

U2opia menggunakan protokol telekomunikasi bernama USSD (Unstructured Supplementary Service Data) untuk menyediakan layanan tersebut, sehingga pengguna ponsel bisa mendapatkan update teks tanpa bisa melihat gambar, video atau grafis lainnya.

"USSD merupakan kendaraan yang kuat untuk Twitter karena Twitter didesain dengan karakter terbatas, ini adalah jejaring sosial yang sangat ditentukan teks," kata Menon lagi.

Menon juga menambahkan bahwa delapan dari 10 orang di negara berkembang masih belum mengakses data internet melalui ponsel mereka. U2opia sendiri akan melokalisasi Twitter feed sesuai dengan lokasi pengguna.

"Jadi seseorang di Paraguay pasti akan mendapatkan konten yang sangat sangat lokal ke pasar tersebut," jelas Menon.

Sebelumnya U2opia sudah pernah meluncurkan layanan serupa bernama Fonetwish, untuk membantu pengguna mengakses Facebook dan Google Talk di perangkat mobile tanpa koneksi internet. Layanan itu diklaim telah digunakan lebih dari 11 juta orang.

U2opia biasanya mendapatkan 30-40 persen dari tarif layanan Fonetwish yang dibayar pengguna ke operator telekomunikasi.
Powered by Blogger.