Ads Top

Android Nokia X Siap Masuk Indonesia

Nokia X

Technology-portfolio.net,Android Nokia X Siap Masuk Indonesia - Nokia telah memperkenalkan smartphone Android pertamanya , Nokia X , akhir Februari lalu di Barcelona , Spanyol . Nokia menggambarkan , Nokia X tak lama lagi akan dipasarkan di Indonesia .

Bahwa Nokia X akan diluncurkan di Indonesia pada akhir Maret 2014 .

Belum diketahui , tanggal pasti peluncuran Nokia X di Indonesia . Sumber itu hanya mengatakan , " akan diluncurkan akhir bulan Maret " .

Pada tahap awal , Nokia akan memasarkan model Nokia X terlebih dahulu . Nokia X tampaknya akan dijual di kisaran harga Rp 1,5 juta .

Setelah itu , kemungkinan Nokia akan memasarkan model Nokia X + dan Nokia XL . Kedua model ini memiliki spesifikasi komponen yang sedikit lebih tinggi dibandingkan model Nokia X.

Minggu lalu , Nokia X diluncurkan di Malaysia dengan harga 399 dolar atau sekitar Rp 1,4 juta . Kemudian , pada 10 Maret 2014 , Nokia X hadir di India dengan harga 8,600 rupee atau sekitar Rp 1,6 juta . Di India , model Nokia X + dan XL juga menyusul .

Spesifikasi Nokia X
 
Nokia X menggunakan komponen prosesor Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play jenis dual - core Cortex - A5 1 GHz , kapasitas RAM 512 MB ​​, memori internal 4 GB , layar 4 inci resolusi 800 x 480 piksel , kamera 5 MP , mendukung kartu SIM ganda ( GSM ) , dan memakai baterai 1.500 mAh .

Ponsel seri Nokia X menggunakan dasar sistem operasi Android 4.1.2 ( Jelly Bean ) yang telah dimodifikasi oleh Nokia .

Dalam mengembangkan Android , Nokia hanya memanfaatkan lisensi Android Open Source Project ( AOSP ) dari Google yang dapat digunakan siapa saja secara gratis karena sistem operasi ini bersifat terbuka ( open source ) .

Dengan ini , perusahaan dapat mengubah tampilan antarmuka Android di Nokia X sehingga terlihat seperti tampilan Windows Phone yang kental dengan nuansa kotak - kotak .

Sementara itu , Nokia tidak membeli lisensi layanan mobile Google yang disebut Google Mobile Service ( GMS ) . Oleh karenanya , ponsel seri Nokia X tidak menyediakan secara default , aplikasi dan layanan Google , yakni Gmail , YouTube , Google Maps , Hangouts , Play Store , sampai jejaring sosial Google+ .

Bahkan , sistem Nokia X tidak mendukung antarmuka pemrograman aplikasi atau application programming interface ( API ) buatan Google . Nokia meminta aplikasi - aplikasi Android yang memanfaatkan API Google agar dimodifikasi , dan menggunakan API buatan Nokia .
Powered by Blogger.