October 31, 2017

WhatsApp Resmi Rilis Fitur Baru Tarik atau Hapus Pesan Chat Terkirim

WhatsApp Rilis Fitur Baru Tarik Pesan Chat Terkirim

TECHNOLOGY-PORTFOLIO.NET - WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Lebih dari 1 milyar orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman-teman, keluarga dan lainnya.

Sejak tahun 2016 WhatsApp terus mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna dapat menarik kembali pesan yang sudah terlanjur dikirim ke teman chat, baik pada ruang personal maupun grup percakapan. Fitur ini bernama “deleting messages for everyone” ini sudah lama dinanti-nanti, dan kini mulai dirilis untuk sebagian pengguna.

Sebelum WhatsApp menggunakan fitur ini, BlackBerry Messenger lebih dahulu menggunakan fitur deleting messages for everyone (tarik pesan terikirim).

Ketika pegirim menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirim, penerima tidak akan melihat pesan tersebut. Namun penerima akan diberi pemberitahuan seperti ini “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.

Pesan hanya ini hanya bisa ditarik kembali dalam waktu maksimal tujuh menit pasca pesan dikirim. Fitur ini disediakan untuk pengguna WhatsApp di platform Android, iOS, hingga Windows Phone.

Bagaimana cara menngunakan fitur baru ini?

Pertama buka aplikasi WhatsApp, lalu tekan lama pesan yang ingin ditarik kembali.

Pilih opsi “delete” alias “hapus” melalui ikon tong sampah pada WhatsApp. WhatsApp akan memberikan pilihan untuk “delete for everyone” (hapus untuk semua orang) atau “delete for me” (hapus untuk saya).

Ketika memilih “delete for everyone”, WhatsApp akan menarik pesan yang sudah terlanjur dikirim sehingga tidak dibaca sama penerima pesan. Jika penerima terlanjur membaca, setidaknya ia tak bisa menyimpan pesan tersebut, karena akan terhapus pada chat history.

Untuk mengecek apakah WhatsApp kita sudah menerima fitur ini atau belum. Caranya, silahkan update aplikasi WhatsApp. Jika update belum tersedia, berarti pengguna belum bisa mencoba fitur ini.
 
SHARE