Cara Root Android - Unlock Root Handphone Android untuk Semua Tipe

Cara Root Android ini Berlaku untuk semua jenis dan tipe Android. Sebelum saya jelaskan lebih detail mengenai cara root Android, saya akan berikan penjelasan lebih dulu mengenai apa itu root (rooting) Android dan fungsi dari root Android.

Fungsi dari root Android adalah agar Anda sebagai pengguna ponsel Android memiliki hak akses penuh ke sistem Android pada ponsel yang Anda miliki. Dengan melakukan Root, anda dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Android Root

Jika anda sering menginstal aplikasi di ponsel Android, Anda pasti sekali waktu menemukan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan dan memerlukan ponsel untuk di root.

Lalu apa keuntungan dan kerugian melakukan root pada ponsel android? Salah satu kerugiannya adalah garansi menjadi tidak berlaku, ada juga yang bilang bahwa dengan melakukan root, ponsel android menjadi rawan terkena malware (yang satu ini masih menjadi perdebatan). Tapi tenang, saudara-saudara, karena ponsel android yang sudah root, bisa di-unroot dan garansi berlaku kembali, hehe.

Keuntungan root pada ponsel Android adalah, Anda memiliki hak akses ke sistem Android. Dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang memerlukan root, dapat menginstal Custom ROM (sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel), melakukan overclock processor untuk memaksimalkan kinerja ponsel, dan bisa menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna.

 Berikut ini langkah-langkah cara root Android.

  1. Langkah pertama adalah menginstal aplikasi UnlockRoot pada komputer Anda yang bisa didownload di sini.
  2. Kalau sudah diinstal, siapkan kabel data (USB).
  3. Lakukan settingan Debugg USB di ponsel Android, caranya masuk ke Settingan/Pengaturan >> Aplikasi >> Development/Pengembangan >> centang “Mode USB debugging..”
  4. Hubungkan Android dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB.
  5. Jalankan aplikasi UnlockRoot yang sudah didownload di langkah pertama tadi. Tunggu beberapa detik agar aplikasi mengenali perangkat ponsel Android Anda.
  6. Klik tombol ROOT pada aplikasi. Silahkan tunggu proses rooting sedang berjalan.
  7. Biasanya di tengah proses rooting ada tawaran untuk menginstal aplikasi penghemat batterai, Anda boleh menerima tawaran tersebut boleh juga menolak.
  8. Kalau proses selesai biasanya ada tulisan Rooted di bagian paling bawah.
  9. Setelah itu ada perintah untuk REBOOT perangkat Android, klik oke.
  10. Selesai, ponsel Android Anda sudah ROOT sekarang.
Powered by Blogger.
loading...